Perilaku Konsumen


Asti Kusriyanti


Departemen Agronomi dan Hortikultura (agrohort.ipb.ac.id)
Fakultas Pertanian (faperta.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)

Departement of family and Consumer Sciences (ikk.fema.upb.ac.id)
college of human ecology (fema.ipb.ac.id)
Bogor Agriculturan University (ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id)
www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id (sumarwa@mb.ipb.ac.id)
Dr.Ir.Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr.Ir.Megawati Sumanjuntak, MS
Ir.Retnaningsih,MS
Ir.Md Djamaluddin, MSc


Ujang Sumarwan.2011.Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia





Kuliah Kamis Pagi, 3 September 2015

Saya, Asti Kusriyanti (A24140096) Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura akan menceritakan pengalaman saya di dalam mata kuliah SC pertama saya, yaitu Perilaku Konsumen. Kesan pertama masuk kelas IKK 1-1 adalah saya merasa asing karena semua orang yang berada dikelas itu hampir semuanya tidak saya kenal wajahnya baru dan hampir angkatan atas semua mulai dari angkatan 49 dan angkatan 50,hanya sekitar 8 orang yang saya kenal dan 6 orang diantaranya seangkatan dengan saya dan sejurusan . Hari pertama belajar mata kuliah Perilaku Konsumen oleh Ibu Retnaningsih yang memberikan materi kuliah Bab 1 Pendahuluan. Menurut saya beliau adalah orang yang sangat sibuk selain mengurus keluarganya dan menjadi salah satu dosen di IPB  beliau memegang beberapa jabatan yaitu di bagian Rektorat dan mengkoordinir jalannya wisudawan, walaupun beliau sibuk beliau tetap bisa mengatur waktunya dengan baik dan tetap bisa mengajar dengan santai. Ibu Retna di minggu pertama mengajar menjelaskan mengenai pendahuluuan perilaku konsumen beliau menjelaskan bahwa peilaku konsumen  menurut Schiffman dan Kanuk adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari,membeli,menggunakan,mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen biasanya juga tergantung pada tingkatan umur Contohnya perbedaan selera baju batik antara orang muda dengan orang tua, mengikuti tren yang sedang populer walaupun tidak terlalu dibutuhkan, cepat mengadopsi teknologi tinggi cenderung ikut-ikutan , dalam berbelanja mengedepankan keinginan daripada kebutuhan. Mengapa  kita perlu mempelajari perilaku konsumen karena perilaku konsumen menarik dan dinamis dan menggambarkan perkembangan ekonomi sosial, budaya, teknologi, dan informasi yang terjadi disekeliling konsumen. Manfaat dalam mempelajari Perilaku Konsumen adalah untuk perusahaan agar  dapat memahami konsumen sehingga dapat mengambil keputusan dengan baik , Membantu konsumen agar dapat membuat keputusan dengan bijak, Untuk peneliti agar dapat menganilisis perilaku konsumen dengan baik, Meningkatkan pemahaman mengenai faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, perilaku konsumen memegang peranan penting dalam pengembangan kebijakan publik. 

Komentar