Perilaku Konsumen
Asti Kusriyanti
Departemen Agronomi dan Hortikultura (agrohort.ipb.ac.id)
Fakultas Pertanian (faperta.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Departement of family and Consumer Sciences (ikk.fema.upb.ac.id)
college of human ecology (fema.ipb.ac.id)
Bogor Agriculturan University (ipb.ac.id)
Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id)
www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id (sumarwa@mb.ipb.ac.id)
Dr.Ir.Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr.Ir.Megawati Sumanjuntak, MS
Ir.Retnaningsih,MS
Ir.Md Djamaluddin, MSc
Ujang Sumarwan.2011.Perilaku Konsumen: Teori Dan
Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Kuliah Kamis Pagi, 3 September 2015
Saya, Asti Kusriyanti (A24140096) Mahasiswa Agronomi dan
Hortikultura akan menceritakan pengalaman saya di dalam mata kuliah SC pertama
saya, yaitu Perilaku Konsumen. Kesan pertama masuk kelas IKK 1-1 adalah saya merasa
asing karena semua orang yang berada dikelas itu hampir semuanya tidak saya
kenal wajahnya baru dan hampir angkatan atas semua mulai dari angkatan 49 dan
angkatan 50,hanya sekitar 8 orang yang saya kenal dan 6 orang diantaranya seangkatan
dengan saya dan sejurusan . Hari pertama belajar mata kuliah Perilaku Konsumen
oleh Ibu Retnaningsih yang memberikan materi kuliah Bab 1 Pendahuluan. Menurut
saya beliau adalah orang yang sangat sibuk selain mengurus keluarganya dan
menjadi salah satu dosen di IPB beliau
memegang beberapa jabatan yaitu di bagian Rektorat dan mengkoordinir jalannya
wisudawan, walaupun beliau sibuk beliau tetap bisa mengatur waktunya dengan
baik dan tetap bisa mengajar dengan santai. Ibu Retna di minggu pertama mengajar
menjelaskan mengenai pendahuluuan perilaku konsumen beliau menjelaskan bahwa
peilaku konsumen menurut Schiffman dan
Kanuk adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam
mencari,membeli,menggunakan,mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang
mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen biasanya
juga tergantung pada tingkatan umur Contohnya perbedaan selera baju batik
antara orang muda dengan orang tua, mengikuti tren yang sedang populer walaupun
tidak terlalu dibutuhkan, cepat mengadopsi teknologi tinggi cenderung
ikut-ikutan , dalam berbelanja mengedepankan keinginan daripada kebutuhan.
Mengapa kita perlu mempelajari perilaku
konsumen karena perilaku konsumen menarik dan dinamis dan menggambarkan
perkembangan ekonomi sosial, budaya, teknologi, dan informasi yang terjadi
disekeliling konsumen. Manfaat dalam mempelajari Perilaku Konsumen adalah untuk
perusahaan agar dapat memahami konsumen
sehingga dapat mengambil keputusan dengan baik , Membantu konsumen agar dapat
membuat keputusan dengan bijak, Untuk peneliti agar dapat menganilisis perilaku
konsumen dengan baik, Meningkatkan pemahaman mengenai faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen, perilaku konsumen memegang peranan penting dalam
pengembangan kebijakan publik.
Komentar
Posting Komentar